Antam tandatangani HoA dengan Alchemist Metal Industry & Gunbuster Nickel Industry

antam

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Anggota MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), menandatangani Perjanjian Pendahuluan atau Heads of Agreement (HoA) Pengembangan Bisnis Pemurnian Nikel bersama Alchemist Metal Industry Pte, Ltd. & PT Gunbuster Nickel Industry pada 6 Mei 2021.

HoA ini menandai inisiasi ekosistem bisnis pemurnian nikel baru bagi ANTAM di Konawe Utara dan Morowali Utara, Sulawesi Tenggara. Hal ini juga sekaligus menjadi tonggak sejarah baru Grup MIND ID dalam memaksimalkan nilai tambah sumber daya nikel yang dimiliki Indonesia.

Grup CEO MIND ID Orias Petrus Moedak menyebut kesepakatan ini merupakan implementasi salah satu mandat MIND ID yaitu hilirisasi. Selain itu, kerja sama ini juga dipercaya mampu meningkatkan nilai tambah komoditas mineral sehingga mengoptimalkan kontribusi Perusahaan bagi negara.

Orias menjelaskan, ANTAM memiliki portofolio nikel yang solid dan berpengalaman lebih dari lima dekade dalam mengelola mineral nikel dari hulu ke hilir. Sementara itu, mitra yang bekerjasama dalam perjanjian ini memiliki teknologi pemrosesan dan pemurnian yang diperlukan sekaligus menyerap produk olahan nikel yang dihasilkan.

“Ekosistem ini merupakan peluang bisnis baru bagi ANTAM mulai dari pengembangan proyek penambangan bijih nikel hingga proyek smelter yang menghasilkan feronikel atau nickel pig iron” jelasnya.

Dalam kerja sama ini, rencananya para pihak akan berperan sesuai porsi kepemilikan saham baik di bisnis hulu (penambangan) dan di bisnis hilir (smelter). Di hulu, Antam akan bekerjasama dengan mitra untuk melakukan operasi penambangan.

Share.