DEN Jadikan Konversi BBM ke BBG Penunjang Transisi Energi

LIPUTAN6.COM – Dewan Energi Nasional (DEN) mendorong peningkatan penggunaan gas bumi nasional, salah satu caranya dengan menerapkan konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Anggota DEN Eri Purnomohadi mengatakan, DEN sejak awal berkomitmen mendorong pemanfaatan gas bumi yang berasal dari sumur gas di dalam negeri, untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor seperti industri, transportasi dan rumah tangga, sehingga dapat mengurangi impor bahan bakar.

“Termasuk gas DME (Dimethyl Ether) Gasifikasi batu bara untuk mengurangi impor LPG,” kata Eri, di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Eri melanjutkan, konversi BBM ke BBM juga akan menjadi salah satu konsep dalam mendorong transisi energi. Pasalnya, gas bumi merupakan energi yang rendah emisi, hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengurangi emisi karbon.

“BBG adalah salah satu program transisi energi, ” ujarnya.

Menurut Eri, saat ini DEN sedang meramu peta jalan untuk menunjang pelaksanaan transisi energi, dia memperkirakan peta jalan tersebut akan rampung pada akhir 2022.

“Dari BBM ke bahan bakar gas itu termasuk dalam konsep road map transisi energi, ” imbuhnya.

Anggota Komisi VII DPR Mulyanto menggungkapkan, program konversi B ke BBG baik untuk mengurangi konsumsi BBM yang sebagian besar berasal dari impor.

“Ini program yang bagus. Khususnya menggunakan gas alam. Karena dapat mengurangi konsumsi BBM kita, apalagi di tengah harga migas dunia yang tinggi,” ucapnya.

Share.