Luhut Datangi Lokasi Tambang Batu Bara di Kaltim dengan Helikopter

 

SAMARINDA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan tiba di Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (12/10/2021).

Kehadirannya, dalam rangka Grand Launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Convention Hall, Samarinda.

Usai acara tersebut, Luhut sempat mengunjungi lokasi operasi tambang batu bara PT Kutai Energi di Kabupaten Kutai Kartanegara, menggunakan helikopter.

“Betul beliau kemarin meninjau lokasi Kutai Energi,” ungkap Direktur PT Kutai Energi, Suaidi Marasabessy, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/10/2021).

Saat kunjungan, Suaidi berada di Jakarta sehingga tidak mengetahui detail agenda Luhut di lokasi tambang.

“Saya hanya bisa konfirmasi bahwa dalam rangka kunjungan beliau ke Balikpapan beliau ada rencana untuk meninjau lokasi PT Kutai Energi. Tentang apakah jadi kunjungan atau tidak, saya belum dapat konfirmasi,” sebut Suadi.

Tim site PT Kutai Energi saat dikonfirmasi pun enggan memberi tanggapan dengan alasan kunjungan tersebut agenda pribadi dan internal perusahaan.

Sebagai informasi, Luhut mendarat melalui Bandara APT Pranoto Sungai Siring, sekitar pukul 10.00 Wita.

Dari bandara, dia bergeser ke Kota Samarinda menggunakan helikopter turun di eks Bandara Temindung. Luhut dijemput Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi.

Rombongan Luhut kemudian menuju Convention Hall, Stadion Madya Sempaja, Jalan Wahid Hasym, Samarinda.

Turut hadir Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Usai kegiatan tersebut, Luhut kemudian menggunakan helikopter dari Samarinda menuju lokasi tambang PT Kutai Energi di Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan, Muara Jawa, Kutai Kartanegara sekitar 13.00 Wita.

Dokumentasi foto yang diterima Kompas.com, Luhut menggunakan baju putih dan celana hitam berdiri didampingi beberapa orang perusahaan saat berada di lokasi operasi tambang PT Kutai Energi.

Sebuah spanduk berukuran sedang terpasang di sekitar jetty ucapan selamat datang untuk Luhut bersama rombongan.

Ujung atas spanduk tertulis Kutai Energi dan Toba Sejahtera beserta logo.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setprov Kaltim, Muh Syafranuddin mengatakan sejak kemarin Luhut langsung balik ke Jakarta.

“Sudah balik ke Jakarta kemarin (Selasa),” ucap dia.

 

Share.